-->

WT*!, Watermark Pada Uang Rp. 5000


Watermark Pada Uang Rp. 5000

Pernahkah kalian memperhatikan watermark alias gambar air yang terdapat pada uang kertas 5000-an? Ada hal lucu yang saya temukan pada watermark uang goceng tersebut khususnya keluaran tahun 2014.


Bermula pada saat saya berbelanja di sebuah toko pakaian dan menerima uang kembalian beberapa lembar uang sepuluh riabuan dan limaribuan cetakan tahun 2015. Uang tersebut sangat baru dan sesampainya di rumah karena curiga uang tersebut palsu saya coba bandingkan dengan uang lain yang ada dalam kantong celana saya.

Setelah saya terawang uang limaribuan tersebut saya malah dikejutkan melihat perbedaan watermark pada kedua uang tersebut. Perbedaannya watermark yang merupakan pahlawan nasional tersebut amat sangat mencolok, dan bukan uang goceng baru yang sebelumnya saya curigai palsu tersebut yang aneh, tapi sebaliknya uang yang saya jadikan pembanding, goceng cetakan 2014 tadi. Karena penasaran saya cari lagi goceng lain dan nemu cetakan tahun 2013. Ternyata gambarnya sama dengan cetakan 2014 tadi.

pada gambar air uang goceng cetakan 2013/2014 tersebut sepertinya dibuat oleh desainer amatir atau mungkin anak SD. Gambarnya tampak kartun dengan alis tebal macam alisnya Syahrini dan sangat jauh dari kata mirip dengan gambar pahlawan yang saya lihat di wikipedia. Sekedar informasi bahwa pahlawan pada watermark itu adalah Cut Nyak Meutia dan banyak yang berpikir bahwa gambar itu adalah Cut Nyak Dhin (sayapun awalnya berpikir begitu.. hehe).

Watermark Pada Uang Rp. 5000
Cetakan tahun 2014

Sedangkan untuk uang cetakan 2015 wajah Cut Nyak Meutia agak mendinganlah dibandingkan cetakan 2013/2014 tadi walaupun juga gak semirip yang saya lihat di wikipedia.

Watermark Pada Uang Rp. 5000
Cetakan tahun 2015

Coba kita sandingkan goceng cetakan tahun 2014 - 2015

Watermark Pada Uang Rp. 5000

Entah bagaimana dengan cetakan tahun sebelumnya apakah sama dengan cetakan di tahun 2013/2014 atau 2015 atau mungkin malah berbeda? untuk tahun 2010-2012 saya tidak tahu karena ngak dapat uang cetakan tahun itu. Namun ternyata untuk cetakan tahun 2009 berbeda lagi, bahkan watermark pada uang yang dicetak pada tahun yang sama, 2009 inipun berbeda (ternyata ada thread tentang perbedaan watermark goceng ini di kaskus). Yang satu agak kisut dan yang satunya agak cubby namun jauh lebih baik dan lebih realistis dibandingan dengan watermark pada cetakan 2013-2015. Hmmm...

Menurut salah satu komentar yang yang ada di pada thread itu, perbedaan ini dikarenakan oleh bahan kertas uang tersebut berasal dari suplier yang berbeda. jadi model arsiran desain watermark yang dikerjakan secara manual juga berbeda. Sehingga pada saat interpretasi garis-garis yang muncul ketika dituangkan dalam pengerjaan secara mekanis berbeda pula.

Lalu bagimana dengan uang yang 10000-an? ternyata gambar watermarknya pun berbeda. Sayang saya tidak sempat foto soalnya sudah jadi nyoknyang a.k.a bakso saat itu hehe. Tapi yah tidak apalah ada perbedaan gambar watermak pada uang-uang tersebut, yang penting ASLI...