-->

Mengubah Foto Pemandangan Menjadi Kartun

Pada tutorial saya yang sebelumya yaitu Mengubah Foto Menjadi Lukisan ada yang bertanya bagaimana kalau gambar tersebut diubah menjadi kartun?


Mengubah Foto Pemandangan Menjadi Kartun
Mengubah Foto Pemandangan Menjadi Kartun

Menurut saya ada dua cara yang bisa kita gunakan yaitu dengan cara manual dan menggunakan plugin. Yang pertama yaitu menggunakan cara manual, dengan cara ini adalah kita mendapatkan detil karena kita mengerjakannya bagian per bagian dan sesuai keinginan  seperti halnya membuat vexel atau vector, namun diperlukan skill serta waktu yang cukup lama. Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan  bantuan plugin. Keuntungan menggunakan plugin yaitu penggunannya mudah, waktu yang singkat dan tidak perlu skill khusus.

Di tutorial ini saya akan menggunakan bantuan plugin Topaz clean. jika kalian belum punya plugin ini silahkan kunjungi situs resminya dan beli plugin ini atau cari saja versi bajakannya, banyak kok Hehe :P..

STEP 1
Pada tutorial sebelumnya silahkan lompat ke STEP 7 lalu duplikat layer background kemudian seret ke posisi paling atas. Kemudian pilih menu filter > cutout dan gunakan nilai seperti pada gambar di bawah. Berikutnya rubah blending modenya ke darker color
Mengubah Foto Pemandangan Menjadi Kartun - Filter > Cutout
Filter > Cutout

Mengubah Foto Pemandangan Menjadi Kartun - Blending mode
Blending Mode Darker Color

STEP 2
Tekan tombol Shift + Ctrl + Alt + E untuk membuat stamp layer lalu  filter > topaz labs > topaz clean dan gunakan preset Crispstyle. Untuk nilai clean, edges dan texture silahkan sesuaikan dengan gambar di bawah atau kalian bisa berkreasi pada nilai lain sampai kalian mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah itu pilih ok dan tunggu sampai gambar selesai dirender.
Mengubah Foto Pemandangan Menjadi Kartun - Topaz setting
Topaz Setting

Dan selesai.. Bagaimana cukup kartun kan???. Untuk selanjutnya silahkan tweak gambar yang yang sudah kalian edit ini sesuai keinginan seperti bermain di color balance, blending, photo filter dan sebagainya. Hasilnya sudah pasti tidak akan sama jika kita menggunakan teknik manual seperti membuat vexel. Coba perhatikan gambar dibawah, tidak ada detil pada ege/sisinya tetapi ngeblend dengan bagian gambar lainnya. Tapi yah maklum saja namanya juga kerja singkat dengan bantuan plugin. Tentunya tutorial ini tidak akan maksimal jika diterapkan pada objek selain pemandangan, misalnya manusia, sangat jauh dari gambar yang dihasilkan dengan teknik vexel.
Mengubah Foto Pemandangan Menjadi Kartun
Curve + Photo filter + Color lookup

Mengubah Foto Pemandangan Menjadi Kartun
Curve + Color balance + blending layer

Jika ada hal-hal yang kurang jelas silahkan ditanyakan di kolom komentar. Selamat Berkreasi!