-->

Cara Memasang Dan Menggunakan Action Photoshop

Coba kalian bayangkan jika kalian mengedit foto kalian dengan step yang panjang lalu kalian ingin melakukan step yang sama pada foto kalian yang lain, pasti capek kan? Disinilah letak fungsi dari "action" photoshop. Jadi action pada photoshop itu adalah rangkaian step/langkah kerja yang direkam yang bisa diaplikasikan lagi hanya dengan menekan tombol play guna memudahkan pekerjaan editing kita.


Inilah keuntungan menggunakan action photoshop, bisa disimpan dan diaplikasikan pada foto lain. Namun ada juga kekurangannya, yaitu action ini tidak bisa diaplikasikan pada semua jenis foto. Misalnya jika action itu dibuat pada foto dengan gambar yang terang, maka saat diaplikasikan ke gambar yang gelap hasilnya akan kurang maksimal bahkan tidak cocok sama sekali.

Begitupula jika gambar awalnya kaya akan warna merah, hasilnya tidak akan sebagus foto tersebut saat action diaplikasikan pada foto yang kaya akan warna biru. Namun ada juga action yang cukup balance, bisa diaplikasikan pada semua foto.

How to install photoshop action
Efek penggunaan action photoshop
Bagi kalian yang eksis dan sering update foto kece di media sosial namun kurang jago dalam mengedit foto, tidak ada salahnya kalian download action photoshop. Ada sangat banyak penyedia actions kreatif gratisan seperti di deviantart.com, actions4photoshop.com, dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana cara memasang dan menggunakan action ini? Caranya amat sangat mudah, silahkan disimak.

Pertama-tama silahkan kunjungi situs penyedia action gratis tersebut di atas, lalu download action yang kamu inginkan. Jika kalian sudah download action photoshop tersebut, silahkan copy file berekstensi "atn" tersebut lalu pastekan ke folder action yang terdapat di C:/Program files/Adobe/Adobe photosop(versi ps-mu)/preset/actions. Atau bisa dengan meloadnya langsung lewat photoshop. Caranya plih menu windows > actions nanti panel action akan terbuka. Klik menu kecil di sisi kanan panel tersebut lalu pilih load action yang berupa icon kecil di sudut kanan atas (lihat gambar) lalu arahkan ke folder dimana action kalian tersimpan.

Cara Memasang Dan Menggunakan Action Photoshop

Cara Memasang Dan Menggunakan Action Photoshop
loading action

Untuk cara penggunaan, kalian cukup membuka foto yang akan kalian edit, lalu pada panel action pilih action yang ingin kalian terapkan lalu tekan tombol play...
Bagaimana mudah khan?
Note:
  • Layout pada screenshot di atas dari photoshop cs6, tampilannya mungkin berbeda pada versi di bawahnya.
  • Secara default lokasi instalasi aplikasi photoshop ada di folder "program files" namun untuk photshop versi portable, tergantung pada dimana kalian mengekstraknya. Intinya cari folder actions lalu paste file atn kedalam folder tersebut.