-->

Cara Mudah Merubah Foto Menjadi Hitam-Putih

Salah satu cara agar foto terkesan klasik yaitu dengan menggubahnya menjadi hitam putih. Ada beberapa cara yang bisa anda lalkuakn untuk merubah sebuah foto berwarna menjadi hitam putih secara cepat dengan menggunakan photoshop.

Berikut ini adalah beberapa cara yang paling sering digunakan untuk mengubah foto menjadi hitam putih dengan menggunakan photoshop.

1. Desaturate

cara yang pertama dan yang paling sederhana yaitu dengan menggunakan fungsi desaturate untuk mengubah foto berwarna tersebut menjadi hitam putih. Untuk bisa menggunakan fungsi ini anda cukup menekan tombol ctrl + shift + u atau masuk ke menu image > adjustment > desaturate. Atau juga bisa dengan menekan ctrl + U lalu masukkan nilai -100 untuk saturation-nya.

2. Gradient Map

Cara berikutnya yang bisa anda gunakan untuk menjadikan foto anda hitam putih yaitu dengan menambahkan adjustment layer berupa gradient map. cara menngunakannya yaitu pilih menu layer > new adjustment layer > gradient map

3. Black & White

cara yang lain adalah menambahkan adjustment layer berupa layer black & white. cara menngunakannya yaitu pilih menu layer > new adjustment layer >black & white

4. Channel Mixer

Cara yang terakhir yaitu menambahkan adjustment layer berupa channel mixer. pilih menu layer > new adjustment layer > channel mixer dan centang pada box monochrom. Ini adalah tekhnik yang digunakan oleh desainer grafis profesional.

Namun yang harus diingat adalah tiap-tiap cara di atas memiliki kekurangan dan kelebihan sehingga  anda perlu melakukan penyesuaian dengan memainkan slider pada panel properti tiap-tiap adjustment layer di atas agar hasil hitam putihnya lebih maksimal. Contohnya saja jika anda hanya menggunakan desaturate maka foto akan terlihat datar kecuali jika anda memainkan level dan kontras foto tersebut. Saya sendiri lebih senang menggunakan channel mixer dan black & white pada saat membuat foto hitam putih.